Skip to content


APAKAH OTAK ITU???

Otak tersusun dari kumpulan neuron, dimana neuron merupakan sel saraf panjang seperti kawat yang mengantarkan pesan-pesan listrik lewat sistem saraf dan otak. Sel-sel pada suatu daerah otak menghubungi bagian-bagian tubuh yang lain secara kontinyu dan otomatis. Neuron ini mengirimkan sinyal dengan menyebar secara terencana, semburan listrik terhentak-hentak yang membentuk bunyi yang jelas (kertak-kertuk) yang timbul dari gelombang kegiatan neuron yang terkoordinasi, dimana gelombang itu sebenarnya sedang mengubah bentuk otak dan membentuk sirkuit otak menjadi pola-pola yang lama kelamaan akan menyebabkan bayi yang lahir nanti mampu menangkap suara, sentuhan, dan gerakan(Carla Shatz).

Lapisan luar otak terdiri dari ribuan syaraf yang mirip benang kusut dan pembuluh darah. Otak terdiri dari jutaan sel neuron, dan masing-masing sel mempunyai inti sel (nukleus) dan sejumlah tangan syaraf (tentacle) yang menyebar ke segala arah, dimana masing-masing tangan (tentacle) memiliki ribuan tonjolan (prouberans). Tingkat intelengensia ditentukan oleh banyaknya tonjolan-tonjolan tangan syaraf sel otak.
Setiap tonjolan paling tidak berhubungan dengan satu tonjolan yang lain dan dengan tenaga elektrokimiawi menyebabkan kedua tonjolan ini membentuk suatu pola hubungan dengan gugusan tonjolan yang lain, dimana otak merupakan suatu pola atau jaringan yang dibentuk ribuan tonjolan yang terdapat pada tangan syaraf jutaan sel otak(Pyotr Anokhin). Jika otak dirangsang, berapapun usianya, maka otak akan membentuk lebih banyak tonjolan pada setiap tangan syaraf sel-selnya, dan akan meningkatkan jumlah total hubungan-hubungan antar syaraf yang terdapat di dalam otak(Mark Rosenzwig).

Bila belahan otak yang lebih lemah dirangsang dan disuruh bekerja bersama belahan otak yang lebih kuat (bersinergi) akan tercipta kemampuan dan efektivitas otak yang jauh lebih tinggi dari 5 sampai 10 kali lipat (Robert

METODE PENGOPTIMALAN KEMAMPUAN OTAK

Sejak tahun 1960-an telah dilakukan penelitian oleh berbagai ilmuan untuk mempelajari OLS. Peneliti dari University of Chicago yang bernama Dr. Mihaly Csikszentmihalyi mengatakan: OLS adalah keadaan konsentrasi total yang menyerap secara mutlak perasaan, sehingga anda berada dalam kekuasaan saat itu, dan memperlihatkan kinerja puncak dari kemampuan anda.

Kemudian hasil penelitian lain, kondisi pada OLS berhubungan dengan gelombang theta, yaitu gelombang otak pada kondisi belajar yang optimal pada kecepatan 4 sampai dengan 7 siklus per detik (Cycle Per Second (CPS)). Gelombang otak biasanya diukur dalam jangkauan paling lambat sampai dengan paling cepat, yaitu:

No

Nama CPS Contoh

1.
2.
3.
4.

Delta 1 – 3 Tidur nyeyak dan tidak bermimpi
Theta 4 – 7 Konsentrasi mendalam (OLS)
Alpha 8 – 12 Rileks dan Meditasi
Betha 18 – 42 Keadaan sadar

Delta, yang berfrekwensi 1-2 Hz (siklus per detik) : Relaksasi fisik yang dalam, pengendalian stress dan pelepasan rasa sakit.
Theta
, yang berfrekwensi 3-5 Hz : Memori mengingat, memanggil dan pertumbuhan IQ.
Alpha
, yang berfrekwensi 7-9 Hz : Belajar, membaca dan mendengar.
Beta, Yang berfrekwensi 12-14 Hz : Pengambilan keputusan, logika, dan pemecahan masalah.

Dari hasil penemuan yang memanfaatkan gelombang suara/akustik dan cahaya untuk meningkatkan kualitas otak yang dilakukan penelitiannya sejak tahun 1974 hingga sekarang memberikan hasil yang cukup fantastik, seperti (Adam, 2002) :

1. Kecepatan belajar meningkat sampai 300% Kemampuan memori meningkat sampai 300%
2. Peningkatan IQ sampai 30%
3. Kecepatan membaca sampai 300%
4. Hasil ujian naik 2 tingkat (C ke A)
5. Peningkatan kemampuan dan efisiensi dalam komunikasi
6. Menurunkan stress dan tekanan darah

Hasil diatas diperoleh dengan cara menyeimbangkan/mensinkronisasikan antara belahan otak kiri dengan otak kanan dan menurunkan gelombang otak pada tahap optimal dengan memakai terapi cahaya dan suara/akustik. Dari keterangan diatas dimungkinkan untuk mengembangkan gelombang suara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas otak dengan lebih baik dan optimal, baik dari sisi manfaat maupun dari sisi biaya. Seperti halnya penggunaan gelombang ultrasonik yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai alat instrumentasi/ukur dan terapi, khususnya dibidang kedokteran seperti alat ultrasonography (USG), alat radiasi panas, alat ultrasonic encephalogram (UEG), alat radiasi tumor (Frey, 1978). Maka gelombang ini mempunyai potensi untuk dikembangkan dalam banyak bidang, khususnya yang berkaitan dengan terapi otak.

KEBUTUHAN OTAK

POLA HIDUP SEHAT

PENYEBAB SAKIT

– Positif Thingking
– Optimistis
– Mensyukuri nikmat
– Mengkonsumsi makanan yang sehat
– Olahraga yang teratur
– Istirahat yang cukup

– Polusi udara
– Polusi lingkungan
– Radiasi
– Kontaminasi makanan
– Pola makan yang tidak sehat
– Traumastik

FAKTOR PENYEBAB SAKIT

Pola makan :

Unsur makro, makan makanan yang terkontaminasi, lemak, protein, karbohidrat badan langsung merespon makanan dan mengakibatkan keseimbangan bio elekrik ditubuh terganggu dan keseimbangan motorik otak terganggu sebagai pusat pengendali badan.

Unsur mikro suplemen pembantu vitamin, mineral badan merespon dalam waktu lama mengakibatkan keseimbangan bio elekrik ditubuh terganggu

PEMANFAATAN GELOMBANG ULTRASONIK
Dengan Menggunakan Teknologi Hikmatul Iman

Pemanfaatan gelombang ultrasonik yang dikembangkan dengan menggunakan Teknologi Hikmatul Iman yang berupa alat, yang dinamakan Brain Activator (BA). Alat ini berfungsi untuk meningkatkan vibrasi syaraf dan jumlah hubungan antar syaraf, sehingga akan meningkatkan arus listrik antar syaraf otak. Dengan demikian maka,
1. Sel-sel otak yang belum aktif/masih tidur menjadi aktif, sehingga akan meningkatkan memori.
2. Sel otak yang sudah aktif akan semakin giat.
3. Koordinasi antar sel akan menjadi lebih baik
4. Terjadi percepatan normalisasi pada jaringan otak

Manfaat Brain Activator

1. Manfaat Umum/Individu
a. Meningkatkan jumlah sel otak yang aktif
b. Meningkatkan daya ingat
c. Meningkatkan daya tahan tubuh
d. Meningkatkan konsentrasi
e. Meningkatkan kreativitas
f. Meningkatkan kepercayaan diri
g. Meningkatkan optimistis
h. Mengurangi stress

2. Manfaat Khusus
a. Bagi Pelajar dan Mahasiswa
– Meningkatkan konsentrasi belajar
– Meningkatkan semangat belajar
– Meningkatkan intensitas waktu belajar
– Meningkatkan daya tangkap
b. Bagi Perusahaan
– Meningkatkan kinerja perusahaan
– Meningkatkan produktivitas kerja karyawan
– Mengurangi stress kerja para karyawan
 

Facebook Comments

Posted in KESEHATAN.

Tagged with .


One Response

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. memori otak says

    Memori otak bisa ditingkatkan dengan puluhan metode yang efektif yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan memori otak dengan berbagai strategi.