Skip to content


Jangan berlebihan

Manusia itu memang unik, selain tak pernah merasa cukup,manusia juga suka berlebih-lebihan dalam hidup. Misalnya dalam masalah kepemilikan harta benda, jika tetangga membeli suatu barang, maka diapun tak mau kalah. Padahal, barang yang dia beli tersebut sama sekali bukanlah yang mereka butuhkan.  Tidak hanya dalam perkara barang saja dalam hal makan dan minumpun mereka sangat boros,fenomena semacam ini tampak sangant jelas ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan pada hari pertama….Sebelum menjelang buka puasa, mereka membeli segala jenis makanan dan minuman yang mereka lihat di pasar, seakan-akan perut mereka bisa menampung semuanya,,setelah saatnya berbuka barulah mereka sadar ternyata perut yang hanya sejengkal itu tidak mampu menampung semuanya.  Begitulah manusia mudah sekali diperdaya dan diperbudak hawa nafsunya,,maka larangan Allah untuk tidak makan dan minum berlebihanpun tak mereka indahkan.   Padahal, jelas-jelas dalam Al-A’raaf ayat 31,Allah berfirman ” HAI ANAK ADAM PAKAILAH PAKAIANMU YANG INDAH DI SETIAP MEMASUKI MESJID. MAKAN DAN MINUMLAH, DAN JANGANLAH BERLEBIHAN. SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERLEBIHAN “

Banyak alasan mengapa Allah tidak  menyukai orang-orang yang berlebihan diantaranya:

pertama, karena hidup berlebihan itu dapat menutupi pintu kesyukuran kita kepadaNya.  Pasalnya, hidup berlebihan itu bisa membuat manusia menjadi lupa diri dan lupa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah dikaruniakanNya.    

Kedua, hidup berlebihan atau bermegah-megahan bisa membuat kita lalai daripada  mengingat Allah, dan ini juga bisa membuat kita menjadi tidak mengenal Allah.

Ketiga, hidup berlebihan dapat membuat kita terjebak dalam penyakit hati, seperti kikil, bakhil, sombong, iri dan dengki.  jika seorang hamba telah di kuasai oleh kelima virus ini maka dia akan mendapat siksa yang pedih.. Oleh karena itu berusahalah menahan hawa nafsu agar tidak menjadi orang yang berlebihan,,amin…. 

Facebook Comments

Posted in Management Qalbu.