Skip to content


Hati-hati dengan cara mandi wajib anda

Berhati-hatilah dengan cara mandi wajib anda, karna ia adalah salah satu ritual yang wajib di laksanakan oleh muslim atau muslimah yg mukallaf dan sudah aqil baligh, ia juga merupakan salah satu dari syarat sah-nya sholat.

mandi wajib atau lazimnya disebut mandi jinabah, wajib hukumnya karena sebab-sebab tertentu seperti : suci dari haid atau nifas,keluar mani baik disengaja atau tidak, pasca berhubungan seks baik keluar mani atau tidak, dan lainya.

Dalam tulisan ini, saya akan membatasi pokok permasalahan mandi hanya pada tata cara mandi, dan lebih fokus pada penggunaan air sebagai alat untuk bersuci. Dalam literatur hukum fiqih yang ada, air yang bisa dipakai untuk bersuci, baik itu mandi ataupun berwudluk, adalah “alma thohir muthohir” atau air yang suci dan mensucikan.

Air suci mensucikan itu sendiri adalah air yang bukan bekas untuk bersuci atau disebut juga air musta’mal. Air yang suci mensucikan bisa berubah menjadi air thohir ghoiru muthohir ( suci tapi tidak mensucikan ), jika air tersebut sudah tercampur dengan air musta’mal dan kurang dari dua kullah atau kurang lebih 500 liter.

Contoh kasus : si fulan mandi jinabah dengan air suci mensucikan yang tidak lebih dari dua kullah atau 500 liter, ternyata air bekas guyuran mandinya menetes pada bak air yg ia pakai, maka sisa air yang ada di bak itu berubah menjadi air suci yang tidak mensucikan.

Solusi : Jika anda memakai bak air di kamar mandi , maka sediakan bak air yang bisa memuat lebih dari dua kullah atau 500 liter, agar ketika tercampur dg air musta’mal masih bisa dihukumi air suci yang mensucikan. cara yang paling praktis dan aman adalah dengan mengunakan shower atau kran. agar anda bisa langsung mandi tanpa harus meng-gayung, sehingga tidak ada tetesan air yg bercampur dg air yg anda pakai. Atau langsung saja nyebur ke sungai :D.

Tulisan diatas lebih mengacu pada madzhab Imam Syafi’i. Sedang menurut madzhab  imam malik, tidak ada istilah air musta’mal.

Facebook Comments

Posted in Kajian Fiqih, KAJIAN ISLAMI.

Tagged with , , , , .


41 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. patih says

    Kalo dimisalkan air yang ada di Bak selalu atau dibikin mengalir setiap saat gimana?? apakah air tersebut masih selalu bersifat air suci yang mensucikan.

    salam kenal

    • saifuna says

      bergantung pada sumber air-nya. wallahu’alam

  2. detx says

    wah informasi yang sanagt bermanfaat mas.. lalu saya tunggu tentang tata cara mandinya gimana 😉
    .-= detx´s last blog ..Strategic Performance Management =-.

    • saifuna says

      insyaAllah mas detex, mkasi banyak sudah berkunjung 😀

  3. saifuna says

    itu juga yang jadi problem, jangan – jangan masih banyak yg lupa atau bahkan belum tau rukun-rukun-nya 😀

  4. fanz says

    makasi ilmu nya bro
    postingan yang bermanfaat..
    .-= fanz´s last blog ..Kenapa Begini (lagi)?? =-.

    • saifuna says

      sama sama bro.. 😀

  5. annosmile says

    kadang kita terlalu menyepelekan masalah ini
    semoga dapat menyempurnakan mandi wajib..

    • saifuna says

      amien ya Rabb…

  6. marsudiyanto says

    Air ditempat saya berapa liter ya…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Program Linear =-.

    • saifuna says

      hayoo brp yah pak??? 😀

  7. heru says

    hal yang sering kita sepelekan tapi sangat penting
    .-= heru´s last blog ..Akhirnya CD Karmic Koalaku Sampai Juga =-.

    • saifuna says

      yupz…betul itu mas… 😀

  8. Next Jimbun Punya says

    Kalau mandinya di sungai gimana? Salam kenal
    .-= Next Jimbun Punya´s last blog ..Opera di Linux Mint =-.

    • saifuna says

      waaah…itu lebih aman…, asal jangan sampe keintip org ajah 😀

  9. narsis says

    mantaps bro, harus lebih diperhatikan nih, jangan asal-asalan, thanks ya infonya

    • saifuna says

      oke sama-sama mas 🙂

  10. dobleh yang malang says

    wah dulu blue sering mandi wajib but kalau mandi setiap harinya jarang heeh.
    salam hangat selalu
    met lebaran haji y
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..blue dan perempuan perempuan ………… =-.

    • saifuna says

      met idul adha juga 🙂

  11. tukangpoto says

    Ternyata ada tata cara nya juga ya dalam air yang akan digunakan untuk berwudhu.

    • saifuna says

      betul, bukan hanya mandi, tapi juga wudlu ada cara caranya dlm penggunaan air 🙂

  12. kakve-santi says

    wah..

    saya dari dulu kalo mandi wajib : kran disambung selang, biar tetap mengalir… hehe
    .-= kakve-santi´s last blog ..PANTAU TRAFIK VIA INDOSTATS =-.

    • saifuna says

      siip deh… 🙂

  13. ngupingers says

    gjgjgjgjgjgjggjg slm kenal

    • saifuna says

      aku kira ada kereta api lewat, oke salam kenal juga 😀

  14. putra says

    saya ngajak tukeran link ni Tante , boleh nggak ,, 🙂

    • saifuna says

      boleh boleh boleh, bru x ni disapa tente. aku perjaka tulen bro hahahahaha 😀

  15. sawali tuhusetya says

    terima kasih infonya, mas saiful. sangat bermanfaat dan mencerahkan.
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Pembuatan Blog dalam Rangkaian Program Bermutu =-.

    • saifuna says

      iya pak, sama sama, semoga bisa banyak memberikan manfaat 😀

      • saifuna says

        Amien ya Rabb… 🙂

  16. si pendek penghasil dollar says

    yang di sepelekan sebenarnya sesuatu yang besar ya?
    harus hati-hati nih
    .-= si pendek penghasil dollar´s last blog ..Si Pendek Penghasil Dollar =-.

    • saifuna says

      yupz..memang terkadang kita lalai dg hal2 sepele yg sebenarnya penting 🙂

  17. azzahra Poetri says

    sipp sipp thankz ya buat infonya…..

  18. azzahra Poetri says

    siipp siipp…. thankz ya buat infonya…..
    .-= azzahra Poetri´s last blog ..so in love ( love story in harvard) =-.

  19. azzahra says

    siipp siipp…. thankz ya buat infonya…..
    .-= azzahra ´s last blog ..so in love ( love story in harvard) =-.

  20. azzahra says

    siipp siipp…. thankz ya buat infonya…..

    • saifuna says

      iyaaah mkci yakz..dah ngasi komen bejibun 😀

  21. guskar says

    apakah yg paling aman menggunakan shower, spt pic artikel ini?

  22. dobleh yang malang says

    met berakhir pekan y kawan
    salam hangat selalu

    pa cabar
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..kagum……… =-.

  23. Novi says

    denger2 gak hanya mandi. mencuci baju juga harus demikian. pake kran dibilasan terakhir
    .-= Novi´s last blog ..Aksi Meriah TPC untuk Surabaya =-.

  24. misslav says

    Lha tata cara mandinya mana ya? Jd ngutang postingan lagi tuh krn pasti 41 orang ini bs jd bakalan nunggu2 terus lho:)
    .-= misslav´s last blog ..Istikharahlah Meski itu Untuk Urusan Tali Sandalmu… =-.

« »