Skip to content


Tips Agar Bisa Sabar

Sabar adalah kata yang mudah diucapkan dan sering kita dengar, tetapi sulit untuk dilakukan, kurang lebih begitulah kata ilmuwan. Butuh kerja keras dan usaha yang kuat untuk bisa menjadi orang sabar, karena kesabaran itu bersifat kasbi (hasil usaha) bukan sesuatu yang telah di berikan oleh Allah secara taqdiry.

Sabar juga termasuk salah satu pintu yang harus dilalui menuju tangga kesuksesan, agaknya karena inilah, maka al Qur’an mensinyalir bahwa semua orang adalah merugi kecuali orang yang beriman, beramal dan penyabar. Lihat ( QS: al-Ashr )

Imam syafi’I sendiri berpendapat mengenai surat al-Ashr ini, beliau mengatakan bahwa: ”andaikan seseorang tahu hakekat kedalaman isi datu surat ini maka tentu sudah tidak memebutuhkan lagi surat-surat yang lain”.

Nah, bagaimana agar kita bisa mengendalikan nafsu amarah?, berikut ini adalah beberapa tips yang harus dilakukan :

  • Bersabar dengan niat untuk ibadah, perbuatan yang dilakukan tanpa di dasari niat ibadah akan menyebabkan efek tidak menyenangkan.
  • Jangan mengikuti hawa nafsu untuk melakukan perbuatan marah.
  • Berilah pemahaman kepada diri sendiri bahwa, setiap keberhasilan membutuhkan perjuangan, dan diantara perjuangannya adalah kesabaran. Dengan demikian jika kita mendapatkan masalah maka segala perbuatan akan dapat terselesaikan dengan penuh kesabaran.
  • katakan kepada diri sendiri, bahwa orang yang melakukan penganiayaan kepada anda adalah orang yang tidak mengerti. Sehingga pad saat kita teraniaya tentu kita akan bersabar seraya berdoa. “ya Allah ampunilah mereka, karena mereka melakukan semua ini karena kebodohan mereka”.
  • Berusaha untuk mengedepankan sikap Husnudzon atau berprasangka baik terhadap orang lain. Tapi awas jangan terlena dengan sikap yang berlebihan, agar kita tidak mudah tertipu.
  • Duduk santai , dengan posisi rileks dan minum air putih dapat mengurangi emosi dan marah.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda : “Orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat, tetapi orang kuat adalah yang mampu menahan nafsu amarahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Facebook Comments

Posted in KAJIAN ISLAMI, Kajian Sufi, TIPS & TRIK, Umum.

Tagged with , , , .


29 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. dloen says

    memang,,,
    wat diterapkan kesabaran ntuch amat susah.

    • saifuna says

      Semoga dloen termasuk orang2 yang sabar, eh kmaren aku ke pondok, tapi kamu katanya dah pindah.

  2. Blogger Terpanas says

    sabar memang sangat susah di jalankan, namun jika kita mau berpegang pada wudhu insya allah bisa

    • saifuna says

      InsyaAllah bisa…thanks 🙂

  3. sawali tuhusetya says

    wah, makasih banget pencerahannya, mas saif. makin mantab renungannya.
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik =-.

    • saifuna says

      sama-sama pak… semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua pembacanya.. :)ABAH

  4. SemutGeni.Net says

    susahnya belajar sabar … hiks

    • saifuna says

      hu’uh susah niaaan..tapi jika dibarengi dengan usaha yang kuat dan istiqomah, insyaAllah bisa

  5. marsudiyanto says

    Semoga saya termasuk orang yang sabar… 😀

    • saifuna says

      ameeenn…makasi pak mar…, semoga gak bosan tilik blog morat maritku 😀

  6. novi says

    sabar bro, begitulan wanita. selalu minta dimanja.
    kalau yg satu minta diapelin malam minggu, terus yg satu minta malam rebo ya harus dihadapin satu persatu. jangan digabungin dalam 1 waktu, itu poligami namanya.

    “selingkuh itu indah” koq

    • saifuna says

      Bagimu selingkuh itu indah

      Bagiku selingkuh itu ( gak ) indah ^_^

      • Mr.eL says

        @mas Nov : halah,,,,,, isTRI itu ada 3, kalo satu gak jadi istri jadinya isONE. Gak usah selingkuh, terus terang ajah lo mo cari yang laen mas.
        .-= Mr.eL´s last blog ..BERTAHANLAH , , , Demi Alhikmah ,,, =-.

  7. damai_wardani says

    @ novi
    Kok mas nov nyangkutin ke wanita? wah..mas saif lagi ada apa ni sama wanita?
    jangan2…
    opz! kedepankan KHUSNUDZON!!
    Hmmmm…sabar..sabar..

  8. Mr.eL says

    innallaha ma’asshobirin,,,,,,,
    Sabar menurut bahasa adalah menahan. Adapun secara syar’i, maknanya adalah menahan diri dalam tiga perkara:
    – Yang pertama, taat kepada ALLAH subhanahu wata’ala.
    – Yang kedua, menahan diri dari perkara-perkara yang haram.
    – Yang ketiga, menahan diri terhadap takdir ALLAH subhanahu wata’ala yang menyakitkan.
    .-= Mr.eL´s last blog ..BERTAHANLAH , , , Demi Alhikmah ,,, =-.

    • saifuna says

      Emang keren komentar dari Penghuni Perpus mah, gak kayak NOVI CUK LANANG, Komenya selalu tentang wanita wkwkwkwkwkwk ( lmao )

  9. Mr.eL says

    jo ngono,,,,, kang novi iku guruku, komen Q ngene yo belajar mbe kang novi jan….K Lanang.
    he2…..
    .-= Mr.eL´s last blog ..BERTAHANLAH , , , Demi Alhikmah ,,, =-.

  10. anistok says

    kira-kira q wes sabar durung yo….? hayu….sapa yang bisa jawab.

  11. edylaw blog says

    tips yang bagus….. kalau aku gak pakai tips juga dah jarang marah (sapa toh yang mau tak marahin?) 😀
    .-= edylaw blog´s last blog ..Pilihan bisnis internet yang menguntungkan =-.

  12. adi dzikrullah bahri says

    salam kenal mas..benar sekali mas. sabar merupakan barang berharga yang saat ini minim sekali dimiliki oleh kita..padahal sabar itulah yang akan memudahkan segala urusan …

  13. erika yuniarti says

    YAP SABAR TUCH G MUDAh untuk dijalani,tapi insya alloh dengan berpegang teguh pada alloh ku kan bs melalui smua ini,

  14. ulfa says

    Semoga kita bisa semua bs mempraktekkannya..
    Makasih sharenya dan salam kenal dr saya,,,,, 😀

  15. dinah says

    Thanks 🙂

  16. rahsia says

    saya byak bersabar dgn kawan2 sya…knapa tuhan tak adil dangan saya…xkn tiap ari2 sy menagis kot…..

  17. edy says

    saya udh tdk tahn sabar lgi….klo mw sbr hruz dlm wakru 300 untuk mengumpl dolr…gan w mw sbar tpi dlm hti sya skit bnget menahan sabar

  18. aeris says

    terima kasih